RSS
Container Icon

Jenis Cabai dan Manfaatnya Untuk Masakan Serta Kesehatan


Cabai atau cabe adalah bumbu yang pasti ada di dapur. Buah si pembuat rasa pedas ini memang disukai banyak orang dan sudah seperti bumbu wajib di banyak jenis masakan. Bisakah Anda menyebutkan apa saja jenis cabai dan manfaatnya?

Jika Anda biasa hanya mengenal beberapa jenis cabai seperti cabai merah, cabai hijau, cabai keriting, dan cabai rawit, di dunia pertanian cabai-cabai itu memiiliki nama dan jenis yang lebih spesifik. Yang pertama adalah cabai jenis TM 88 dan TM 99. Keduanya adalah jenis cabai merah keriting hibrida yang memiliki derajat pedas yang paling tinggi dibanding cabai sejenisnya.

Jenis yang kedua adalah CTH 01, yaitu cabai kriting hasil single cross dua tanaman cabai. Kemudian ada juga jenis F1 Arimbi yang merupakan hasil single cross dua tanaman induk penghasil cabai merah besar berdaya tahan tinggi. Kedua jenis cabai ini perawatannya cukup mudah .

Selanjutnya ada cabai jenis cakra hijau dan cakra putih. Cakra hijau merupakan cabai rawit favorit petani karena masa panen yang lebih singkat sekitar 80-85 hari. Cabai ini memiliki citarasa sangat pedas di kelompok cabai rawit. Sedangkan cakra putih adalah merupakan cabai rawit yang berfisik kuat dan bercabang banyak. Kedua jenis ini dapat ditanam didataran rendah maupun tinggi. Bahkan Anda bisa mencoba menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

Dan selain memberikan rasa pedas pada masakan, cabai juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh antara lain mengandung vitamin C dan A, mengandung zat capsaicin yang bisa menambah napsu makan dan mencegah stroke, menurunkan kadar kolestrol dan sebagai antibiotik alami, membantu pembakaran kalori hingga 25%, dan emberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh. Meski begitu, sebaiknya jangan mengonsumsi cabai dalam jumlah terlalu banyak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar