RSS
Container Icon

Perawatan Rambut dengan Bahan Alami

Ada banyak bahan-bahan alami disekitar kita yang sangat bermanfaat untuk merawat rambut agar tetap indah dan tentu saja efek sampingnya jauh lebih minimal dibandingkan penggunaan bahan kimia...so go nature guys... ^_^

.:Jeruk nipis (Citrus aurantifolia):.


Jeruk nipis adalah tumbuhan perdu yang bercabang banyak, tingginya 6 m, daunnya berbentuk bulat-telur, bunganya berbentuk bintang, warnanya putih. Buahnya bulat rata dan berkulit tipis, warnanya hijau kekuning-kuningan kalau sudah tua. 100 gram buah jeruk nipis mengandung: - vitamin C 27 miligram, - kalsium 40 miligram, - fosfor 22 miligram, - hidrat arang 12,4 gram, - vitamin B 1 0,04 miligram, - zat besi 0,6 miligram, - lemak 0,1 gram, - kalori 37 gram, - protein 0,8 gram dan - air 86 gram.

Dalam perawatan rambut jeruk nipis berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan membuat rambut sehat. Buah ini dapat melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala. Dengan begitu, habitat atau tempat bersarang jamur yang merugikan pun dapat dikurangi. Selain bisa mengendalikan sebum di kepala. Jeruk nipis juga bisa memberikan efek segar dan nyaman, terutama bagi kepala berketombe yang kerap dihinggapi rasa gatal. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa membuat rambut tampak sehat dan cantik berkilau.

Cara penggunaannya tidak sulit, sebelum keramas usapkan irisan jeruk nipis atau perasan jeruk nipis pada kulit kepala, terutama di daerah berketombe. Diamkan sekitar 15 menit sebelum membasuh dan berkeramas.

.:Lidah Buaya (Aloe vera):.


Lidah buaya adalah tumbuhan liar di tempat yang berhawa panas atau ditanam orang di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Daunnya agak runcing berbentuk taji, tebal, getas, tepinya bergerigi/ berduri kecil, permukaan berbintik-bintik, panjang 15-36 cm, lebar 2-6 cm. Daun tanaman Aloe Vera berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, bersifaat sukulen (banyak mengandung air) dan banyak mengandung getah atau lendir (gel). Lendir (gel) inilah yang kita gunakan untuk perawatan rambut. Cara Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengambil gel dari daun lidah buaya kemudian haluskan dan usapkan ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 10 - 15 menit kemudian cuci rambut hingga bersih. Lakukan perawatan rutin selama 1 minggu sekali.

.:Kemiri (Aleurites moluccana Willd) :.


Biji kemiri yang sering digunakan sebagai bumbu dapur juga dapat digunakan untuk penyubur rambut dan pelembab. Inti biji kemiri mengandung 60–66% minyak. Minyak kemiri inilah yang berfungsi menyuburkan dan melembabkan rambut. Cara membuat ramuan minyak biji kemiri adalah dengan menumbuk 20 biji buah kemiri lalu setelah halus campur saja dengan 100 cc air. Kemudian panaskan hingga minyak kemiri keluar, lalu ambil minyaknya dan usapkan ke kulit kepala secara merata tiga kali seminggu. Hasilnya akan terlihat dalam beberapa bulan.

.: Pandan (Pandanus amaryllifolius Linn):.


Pandan merupakan tumbuhan semak. Daun berbentuk pita, panjangnya sampai 8 cm, berbau wangi. Berakar gantung, dengan akar tinggal dan akar gantungnya, tumbuh menjalar, hingga dalam waktu singkat akan merupakan rumpun yang lebat. Bagian yang digunakan untuk perawatan rambut adalah daunnya. Caranya Giling daun pandan sampai halus, tambahkan air, peras, siramkan ke seluruh bagian rambut. Biarkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih. Ramuan ini berkhasiat menghilangkan ketombe.

.: Daun Mangkokan (Nothopanax scutellarium Merr.)


Mangkokan merupakan tanamn perdu tahunan, tumbuh tegak, tinggi 1- 3 m. Batang berkayu, bercabang, bentuknya bulat, panjang, dan lurus. Daun tunggal, bertangkai, agak tebal, bentuknya bulat berlekuk seperti mangkok, pangkal berbentuk jantung, tepi bergerigi, diameter 6-12 cm, pertulangan menyirip, warnanya hijau tua. Bagian daun inilah yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunaannya yaitu Daun mangkokan tua yang masih segar secukupnya setelah dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa sambil diaduk sampai seperti bubur. Kernudian saring dan peras. Hasil perasan dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat ringan. Biarkan sampai mengering, lalu rambut dicuci sampai bersih. Lakukan setiap hari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar